Tentang Universitas Widya Mataram

PROFIL UWM

UWM didirikan pada Kamis Legi 7 Oktober 1982 di Yogyakarta oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX bersama Putra Mahkota KGPH Mangkubumi (saat ini bergelar Sri Sultan Hamengku Buwono X dan menjabat sebagai Gubernur DIY). Dalam misi perjalanannya, UWM mengemban misi pendidikan yang berbasis Budaya. UWM bertekad menjadi Perguruan Tinggi yang menghasilkan lulusan berwawasan global dan menjunjung tinggi budaya nusantara.

 

SEJARAH UNIVERSITAS WIDYA MATARAM

nDalem Mangkubumen adalah tempat yang pada awalnya rumah Pangeran Adipati Anom Hamengkunegoro, yaitu Putra Mahkota Sri Sultan Hamengku Buwono VI yang dibangun pada tahun 1865. Sebagai rumah Adipati, tempat ini dahulu disebut nDalem Kadipaten, namun setelah Pangeran Adipati dinobatkan menjadi Sri Sultan Hamengku Buwono VII, selanjutnya Ndalem Kadipaten ditempati adik beliau yang bernama GPH Mangkubumi, sebagai pencetus ide pendirian dan sekaligus sebagai arsiteknya.
nDalem Mangkubumen merupakan suatu komplek yang terdiri dari beberapa bangunan dan dikelilingi oleh tembok pembatas. Berdasarkan prasasti yang terdapat di beberapa bangunan komplek nDalem Mangkubumen, dapat diketahui berdirinya nDalem ini. Bangunan yang tertua yaitu bangunan Sriwedari yang dibangun tahun 1874, sedangkan Bangsal Prabayeksa dibangun mulai tanggal 3 Februari 1876 dan selesai 1877, yaitu pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono VI (1855-1877).
nDalem Mangkubumen pada mulanya diperuntukkan bagi tempat tinggal Putra Mahkota yang akan menjadi Raja Keraton Yogyakarta. Namun, kenyataannya hanya Putra Mahkota calon Sri Sultan Hamengku Buwono VII saja yang pernah mendiami Ndalem Mangkubumen ini selama 5-7 tahun. Selanjutnya, sejak tidak berfungsi sebagai tempat tinggal Putra Mahkota, nDalem Mangkubumen ini hingga kini telah berganti-ganti fungsinya. Sejak tahun 1949 - 1982 digunakan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk Fakultas Kedokteran. Mulai Kamis Legi 7 Oktober 1982, nDalem Mangkubumen digunakan sebagai Kampus Universitas Widya Mataram hingga sekarang.

 

PENDOPO AGUNG

Saat ini, beberapa bangunan di dalam komplek nDalem Mangkubumen digunakan sebagai Kantor Yayasan Mataram yang menyelenggarakan pendidikan bagi Universitas Widya Mataram dan beberapa bangunan sebagai tempat tinggal keluarga kerabat keraton, satu bangunan untuk  Taman Kanak-kanak dan beberapa bangunan untuk magersari. Pendopo Agung nDalem Mangkubumen juga digunakan sebagai tempat penyelenggaraan berbagai kegiatan yang bersifat umum seperti menerima tamu, pisowanan, dan upacara-upacara keluarga serta sebagai tempat pentas kesenian. Sebagai tempat penyelenggaraan berbagai kegiatan akademik UWM yang bersifat umum : upacara Dies Natalis, Wisuda, Seminar, pertunjukan seni, pameran, dll. nDalem Mangkubumen diharapkan dapat digunakan sebagai kawah candradimuka bagi calon pempinan bangsa.

 


logo UWM

PANITIA PENERIMAAN MAHASISWA BARU
UNIVERSITAS WIDYA MATARAM



Alamat Kampus UWM

Kampus I Universitas Widya Mataram
nDalem Mangkubumen KT III/237 Yogyakarta
Telp. (0274) 375352
Kampus II Universitas Widya Mataram
Jogja City Mall Lantai 1
Jalan Magelang KM 6 Sleman Yogyakarta
Telp. (0274) 46429226
Handphone. 0891947029228

Lokasi Kampus UWM