Program Studi UWM

Sekilas Prodi di Universitas Widya Mataram

Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta memiliki 10 Program Studi yaitu : Ilmu Hukum, Teknik Industri, Arsitektur, Sosiologi, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi, Teknologi Pangan, Manajemen, Akuntansi dan Kewirausahaan. Semua program studi UWM telah mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

 

Fakultas Ekonomi

KEWIRAUSAHAAN 


Program Studi Kewirausahaan mendidik para mahasiswanya untuk memiliki mindset dan spirit sebagai seorang wirausaha. Desain kurikulum menjadikan alumni sebagai seorang wirausaha yang mampu mengubah sesuatu yang tidak bernilai menjadi sesuatu yang memiliki nilai tambah dan bernilai jual. Para mentor dari dunia bisnis riil akan berbagi pengalaman pribadi dan mentorship kepada para mahasiswa. Mahasiswa akan mengalami pengalaman untuk memulai (start-up), melakukan inovasi, serta mengembangkan bisnis, baik secara tim maupun individu. Mahasiswa akan mendapatkan pembelajaran dengan metode project based learning, praktik bisnis dan membuka usaha sejak di bangku kuliah. Gelar sarjana program studi adalah Sarjana Bisnis (S.Bns.).

 

AKUNTANSI (Terakreditasi B SK BAN-PT No.4946/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2017)


Program Studi Akuntansi memiliki komitmen kuat untuk menyiapkan lulusannya menjadi akuntan profesional, yang menguasai pengetahuan di bidang akuntansi (knowledge), memiliki keahlian praktik yang handal (skills), kemampuan untuk berkomunikasi dengan dunia global (fluency international language), dan berbasis teknologi informasi. Program Studi Akuntansi menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan dan keahlian di tingkat global dengan tetap menjunjung tinggi etika dan profesionalisme. Gelar sarjana program studi ini adalah Sarjana Akuntansi (S.Akun.).

 

MANAJEMEN (Terakreditasi B SK BAN-PT No.1185/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2016)


Program Studi Manajemen berorientasi pada kemampuan manajerial dan profesioanalisme. Program Studi Manajemen menawarkan program pembelajaran analisis bisnis yang ditekankan pada minat konsentrasi: Pemasaran, Keuangan, Sumber Daya Manusia, dan Sistem Informasi. Program Studi ini mempersiapkan lulusan siap berkarir di pasar kerja global, baik sebagai profesional, manajer, maupun praktisi bisnis. Pembelajaran akan lebih mendekatkan mahasiswa ke dunia bisnis riil dan melakukan dan melakukan networking dengan para profesional di dunia kerja. Mahasiswa juga akan dibekali dengan kemampuan manajerial untuk mengembangkan bisnis berbasi teknologi informasi. Gelar sarjana program studi ini adalah Sarjana Manajemen (S.M.).

 

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

ILMU KOMUNIKASI


Program Studi ilmu Komunikasi bertujuan menghasilkan lulusan yang berkarakter, profesional, memliki kemampuan untuk melihat berbagai isu-isu sosial dan menelaahnya secara kritis melalui pendekatan ilmu komunikasi. Menghasilkan alumni yang akan menjadi pribadi yang memiliki keahlian (skills) dan siap memasuki dunia kerja sesuai kebutuhan industri kreatif, serta memiliki kemampuan untuk melihat peluang dan menciptakan peluang yang inovatif dan produktif di dunia bisnis komunikasi. Program studi ini memiliki 2 konsentrasi: Public Relation dan Broadcasting. Dunia kerja para lulusan program studi ini terbuka luas dimana komunikasi menduduki peranan penting di dunia kerja nyata. Gelar sarjana program studi ini adalah Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom.).

 

ILMU ADMINISTRASI NEGARA (Terakreditasi B SK BAN-PT No.165/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2018)


Program Studi Ilmu Administrasi Negara menyiapkan peserta didik untuk mampu menganalisis secara kritis proses suatu kebijakan publik, mulai dari perumusan, implementasi hingga evaluasinya, serta merancang sistem administrasi dan strategi manajemen untuk melaksanakan suatu program demi kesejahteraan masyarakat. Pembelajaraan di program studi ini mendekatkan para mahasiswa ke dunia kerja nyata untuk melakukan layanan publik secara profesional dan beretika. Gelar sarjana program studi ini adalah Sarjana Administrasi Publik (S.AP.). 

 

SOSIOLOGI (Terakreditasi B SK BAN-PT No.5124/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2017)


Pendidikan di Program Studi Sosiologi bertujuan menghasilkan sarjana dengan kompetensi sebagai pendidik, peneliti, maupun pemerhati sekaligus sebagai agen pembaharu guna melakukan transformasi sosial seiring dengan dinamika perubahan sosial yang berlangsung cepat dan kompleks. Ragam masyarakat di Indonesia membuat pembelajaraan di program studi ini menjadi penting dan banyak dibutuhkan oleh berbagai instansi dunia kerja. Program Studi Sosiologi telah menghasilkan lulusan yang telah berkarya, baik di Indonesia maupun mancanegara. Gelar sarjana di program studi ini adalah Sarjana Ilmu Sosial (S.Sos.).

 

Fakultas Teknologi Pertanian

TEKNOLOGI PANGAN (Terakreditasi SK BAN PT No.2062/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2017)


Fakultas Teknologi Pertanian menyiapkan sarjana yang memiliki kompetensi di bidang pengembangan teknologi pangan untuk peningkatan mutu serta pengembangan bahan pangan sebagaimana dibutuhkan oleh masyarakat modern. Kompetensi ini sangat terkait dengan berbagai usaha pengolahan pangan mandiri, pemerintah maupun di industri. Lapangan pekerjaan sangat luas dan saat ini bidang terkait pangan sangat dibutuhkan di berbagai industri bisnis. Gelar sarjana program studi ini adalah Sarjana Teknologi Pertanian (S.TP.).

 

Fakultas Teknik

ARSITEKTUR (Akreditasi SK BAN-PT No.0347/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2016)


Program Studi Arsitektur bertujuan untuk memberi pelajaran yang utuh bagi mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan motivasi untuk terus menerus mengembangkan diri sebagai arsitek yang mampu bekerja mandiri, menciptakan karya seni pendukung arsitektur, dan mampu menjadi anggota tim arsitek yang lebih komplek, yang menghasilkan karya-karya bagi industri kreatif, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Gelar sarjana program studi ini adalah Sarjana Arsitektur (S.Ars.).

 

TEKNIK INDUSTRI (Terakreditasi SK BAN-PT No.114/BAN-PT/Akred/S/XI/2015)


Program Studi Teknik Industri berbasis manufaktur dengan kompetensi keahlian sistim produksi yaitu keahlian yang berhubungan dengan produk yang diproduksi, proses perencanaan dan pengendalian produksi serta kemampua berwirausaha. Sarjana Teknik Industri memiliki pengetahuan yang luas dan mendalam, serta teori maupun praktik, terhadap karakteristik, potensi dan keterbatasan manusia, bahan baku dan peralatan dalam memproduksi sebuah produk atau jasa. Gelar sarjana program studi ini adalah Sarjana Teknik (S.T.).

 

Fakultas Hukum

ILMU HUKUM (Terakreditasi B SK BAN-PT No.2583/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2017)


Pendidikan di Fakultas Hukum diarahkan agar mahasiswa mampu menyumbangkan pemikiran bagi terciptanya hukum yang responsif terhadap kebutuhan dan perkembangan masyarakat. Para pakar ilmu hukum dan juga praktisi bidang hukum akan berbagi pengetahuan dan menjadi mentor bagi para mahasiswa. Pendidikan difokuskan pada kajian-kajian hukum yang sudah ada sekaligus mencari terobosan bagi terciptanya tatanan hukum yang sesuai dengan harapan dan keinginan masyarakat. Gelar sarjana program studi ini adalah Sarjana Hukum (S.H.).

 


logo UWM

PANITIA PENERIMAAN MAHASISWA BARU
UNIVERSITAS WIDYA MATARAM



Alamat Kampus UWM

Kampus I Universitas Widya Mataram
nDalem Mangkubumen KT III/237 Yogyakarta
Telp. (0274) 375352
Kampus II Universitas Widya Mataram
Jogja City Mall Lantai 1
Jalan Magelang KM 6 Sleman Yogyakarta
Telp. (0274) 46429226
Handphone. 0891947029228

Lokasi Kampus UWM